ronalblog
ronalblog

Belajar Membuat Text 3D Dengan Photoshop

| 20 Comments

Belajar membuat text 3D dengan photoshop pasti udah banyak yang jago, barusan gue iseng iseng nyobain lagi, dan siapa tau teman teman blog ada yang masih belum bisa dan pengen nyobain sendiri. Text 3D yang gue gunakan adalah judul blog gue sendiri yaitu ‘ RONALBLOG ‘.

Langkah pertama adalah buka Adobe Photoshop yang ada dikomputer, kebetulan yang ada di komputer gue adalah photoshop CS3. Lalu buka halaman baru ( File–>New ) kemudian pilih ukuran gambar sesuai yang diinginkan. Pilih Text Tool ( or tekan T ) kemudian ketikkan text yang ingin diubah ke bentuk 3D.

1

Selanjutnya klik kanan pada layer Text kemudian pilih Rezterize Type ( untuk merubah mode Text ke Mode Gambar ). kemudian pilih Move tool  yang berbentuk ujung anak panah ( tool paling atas pada sisi kiri photoshop ).

 2

Lalu dengan Move Tool gue rubah kemiringan text udah gue ketik sebelumnya yakni ‘ ronalblog ‘. dengan cara menggeser kotak kecil pada tiap pojok gambar sambil menekan ( Ctrl pada key baoard ) , pastikan sebelumnya ( show transform control sudah dicentang )

3

lalu klik 2 kali untuk meng-apply

4

Kemudian pilih lagi layer ronalblog, sambil menekan ( Alt ) tekan tombol bawah ( tandapanah bawah pada keyboard ) untuk menduplikasi layer ronalblog, tekan lah beberapa kali sampai layer ter copy beberapa kali dan kelihatan memiliki ketebelan kebawah. sehingga akan muncul Layer ronalblog Copy – Layer ronalblog copy 10

5

Sehingga gambar berubah menjadi tebal seperti ini :

7

Selanjutnya pilih layer ronalblog copy, dan tekan Shift dan tahan sambil pilih Layer ronalblog copy 10. sehingga layer ronalblog copy – layer ronalblog copy 10 terpilih semua. kemudian klik kanan pada salah satu layer yang sudah di blok, dan pilih Merge Layer ( untuk menyatukan layer ronalblog copy sampai layer ronalblog copy 10 ). sehingga akhirnya jadi 2 layer ( ronalblog & ronalblog copy 10 ). kemudian pindahkan layer ronalblog copy 10 supaya menjadi di bawah layer ronalblog.

6

lalu gue tambahkan effect ‘ Drop shadow ‘ pada layer ronalblog copy 10 dan effect ‘ Outer Glow ‘ pada layer ronalblog. untuk menambah effect ini dengan cara mengKLIK 2 kali pada layer ronalblog atau ronalblog copy 10.

8

9

Untuk memilih bagian gelap dan terangnya dan menentukan dari arah mana datangnya terang gue pilih Burn Tool  kemudian rubah ukuran brush menjadi 200 ( atur sesuai kebutuhan ) dan pilih Range : highlights dan Exposure : 100%. Lalau gue Burning pada layer ronalblog Copy 10.

12

Sehingga Textnya menjadi seperti ini :

10 burn

Kemudian untuk sentuhan akhir gue memberikan efek cahaya berkilau, pilih Filter – Render – Lens Flare. lalu gue letakkan  kilauan cahaya dengan memilih  lens type 35 mm prime dibeberapa bagian text.

11 lens

Sehingga hasil akhirnya menjadi :

ronalblog

Keterangan tambahan :

22

  : Burn Tool

11

:  Move Tool

Selamat mencoba…ada banyak cara membuat text 3D dengan Adobe Photoshop, yang diatas adalah salah satunya. Namun yang paling menentukan hasil akhir adalah imajinasi masing masing orang..:D

ronal

MUFC Lover | Blog Author | Papanya Atha dan Fathan | Suami dari Sonya | @redronal | Email: red_ronal[at]yahoo[dot]com |

Latest posts by ronal (see all)

Author: ronal

MUFC Lover | Blog Author | Papanya Atha dan Fathan | Suami dari Sonya | @redronal | Email: red_ronal[at]yahoo[dot]com |

20 Comments

  1. saya sudah lupa malahan dengan yang kayak gini,,, saya akan coba mungkin akan bisa lagi,,, terimakasih adi teringat photoshop

  2. Pingback: tutorial | sholihatun

  3. Pengen nyoba ah,,,thanks ya bro!!!

  4. lg mulai (memaksakan diri) belajar sotosop :D

    cobain ah..
    makasih.

  5. Tips nya berguna nih, nanti dicoba ah :)

    Join GeniqueShoes giveaway, win free shoes, watch, voucher disc, etc
    Info
    bit.ly/GeniqueShoesGA

    We wait for you to join our giveaway! <3

    http://www.geniqueshoes.com

  6. Saya mainan potosop terus tp gak pernah bljr beginian…mantab bang

  7. waaa… rumahnya eyang ronal direnovasi, jadi lebih seger, putih dan bersih.. waa.. waa…

    [tampang orangnya gimana ya? seger, putih dan bersih juga ya? #ragu#] :D

    happy new home ya…

  8. Aku nyimak aja ya Nal, blom punya photoshop soale :P

  9. makasih infonya, langsung di praktekkan

  10. manatap mas bro. Sudah lama saia gak main2 lg dengan sotoshop. Bukannya bosen, tp gak ada waktu lg hehehe

  11. waaa keren … langsung nyoba aah..
    tapi bukan pake nama Ronal .. tapi Roniil aja deh..

    wk wk wk..

    [thank you ya for sharing knowledge..] :D

Leave a Reply

Required fields are marked *.


%d bloggers like this: